Ads 468x60px

Selasa, 18 Juni 2013

6 Cara Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Tatap muka

Ada pepatah yang mengatakan, “Yang terpenting bukanlah yang Anda ketahui, tapi siapa yang Anda ketahui.” Anda dapat meningkatkan kemungkinan sukses dalam setiap bidang jika Anda dapat berkenalan dengan orang yang tepat. Kebanyakan pekerjaan tidak diiklankan, dan sebagian besar hanya dibagikan untuk kontak personal ataupun kenalan dekat saja. Perjanjian bisnis paling penting juga dilakukan tatap muka. Inilah kekuatan networking. Anda bisa melakukan networking melalui Internet dan LinkedIn. Anda juga dapat melakukan networking tatap muka dengan teman dan kolega, ataupun dengan orang asing yang menjadi kontak baru Anda. Dari sini, Anda bisa mendapatkan banyak macam kesempatan. Bacalah artikel ini untuk mengetahui 6 cara meningkatkan kemampuan berkomunikasi tatap muka.


1. Lakukan Networking Dengan Tujuan

Jangan melakukan meeting networking tanpa arah. Anda harus mempunyai tujuan, yaitu menemui orang yang bisa Anda bantu, ataupun sebaliknya. Anda tidak tahu mereka sekarang, tetapi paling tidak Anda meningkatkan kesempatan Anda. Hal ini juga membantu orang lain untuk membantu Anda apabila mereka tahu apa yang Anda cari.

2. Tersenyum Dan Ramah

Jangan terlalu serius. Orang lain mungkin melihat Anda sebagai sebuah ancaman jika Anda terlalu tegang dan langsung berbicara dengan topik yang berat. Cerialah dan berikan orang-orang itu senyum terbaik Anda.

3. Dengarkan Terlebih Dahulu, Lalu Ceritakan

Mulailah dengan pertanyaan yang ramah serta aman. Tanyakan kepada mereka tentang ketertarikan mereka tersebut. Perlahan-lahan, percakapan ini akan mengarah kepada Anda, dan lalu Anda bisa memberikan sedikit latar belakang dan memperkenalkan fokus Anda. Ingatlah bahwa Anda disana untuk menolong orang lain dan Anda memiliki informasi berharga serta kontak dari beberapa orang yang Anda temui.

4. Gunakan Kartu Nama

Selalu sedia kartu nama. Jika Anda tidak sedang bekerja serta ingin mencari kesempatan lainnya, Anda dapat menggunakan kartu nama, yang berisi nama Anda, email, dan nomor telepon. Sangat penting untuk bertukar kartu nama sehingga detail kontak tidak dilupakan.

5. Berkelilinglah

Jangan tinggal sepanjang waktu, bercakap-cakap dengan kelompok pertama yang Anda temui. Setelah beberapa saat, Anda dapat beralasan dengan sopan, “Senang berkenalan dengan Anda, tetapi saya permisi dulu. Ada orang lain yang harus saya ajak bicara.” Berkeliling lah dan habiskan sekitar, katakanlah, 10 menit untuk setiap orang baru.Networking berarti berarti berkeliling, dan banyak orang yang ada didalam suatu pertemuan mengetahui hal ini.

6. Tindak Lanjuti

Selalu kirim email kepada orang yang Anda temui setelah beberapa hari Anda menemui mereka. Ingatkan mereka apa yang Anda inginkan dan tawarkan bantuan pada mereka. Tanyakan kepada mereka, apakah mereka ingin tautan pada LinkedIn. Cobalah untuk tidak mengirim email standar. Singgunglah sesuatu yang Anda diskusikan.
Bangunlah network Anda dengan email, LinkedIn, dan jejaring sosial lainnya. Kirimkan tautan berguna dan informasi lainnya. Tetaplah menjaga hubungan dan bantulah agar orang lain dapat terhubung. Anda bisa menjadi ahlinetworking, yang dapat membantu Anda untuk sukses.

0 Komentar: