Ads 468x60px

Jumat, 02 Agustus 2013

Doa Dalam Berbagai Keperluan, Situasi dan Kondisi Dalam Hidup


 Doa Kepada Kristus

Anugerahkanlah kepadaku ya Tuhan, agar dengan pikiran yang damai aku dapat menghadapi segala sesuatu dalam hari yang baru ini. 
Anugrahkanlah kepadaku rahmat untuk menyerahkan diriku sepenuhnya kepada kehendakMu yang kudus. 
Juga dari setiap jam dalam hari ini ajarkanlah serta persiapkanlah diriku dalam segala hal. 
Terhadap berita apapun yang akan kudengar hari ini, ajarkanlah aku untuk menerimanya didalam kedamaian, didalam sebuah pendirian yang teguh bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah seturut dengan kehendakMu yang suci. 
Tentramkanlah serta aturlah pikiranku serta perasaanku dalam segala hal yang kuperbuat dan kukatakan hari ini. Ketika hal-hal yang tak kuduga terjadi, janganlah membuat aku lupa bahwa segala sesuatu datang hanya daripadaMu. 
Ajarkanlah aku untuk bersikap dengan tulus serta dapat dimengerti terhadap setiap anggota keluargaku supaya aku tidak pernah akan membuat kekacauan serta kesedihan kepada siapapun. 
Rahmatilah aku, ya Tuhan dengan  kekuatan   untuk   bertahan   didalam keletihan setiap harinya serta berilah kemampuan untuk menanggung bagianku dalam setiap kejadian yang boleh terjadi didalam hidupku. 
Bimbinglah kehendakku serta ajarkanlah aku untuk berdoa, untuk percaya serta untuk berharap, untuk tahan menderita, untuk mengampuni dan untuk mengasihi. 
Amin 


Doa Di Waktu Sakit

Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat, Engkau menjadi manusia dan mati di kayu salib bagi keselamatan kami. Engkau menyembuhkan orang dari sakit dan penderitaan melalui kasih dan belas kasihMu. Kunjungilah aku, ya Tuhan dan berilah aku kekuatan untuk menanggung penyakit yang kuderita ini, dengan kesabaran, penyerahan pada kehendakMu dan percaya dalam pemeliharaanMu. Aku berdoa bahwa Engkau akan memberkati sarana yang digunakan untuk pemulihanku dan orang-orang yang mengurusnya. Ijinkanlah bahwa penyakitku boleh bermanfaat bagi kerohanianku dan bahwa aku dapat menjalani sisa hidupku dengan lebih setia sesuai dengan kehendakMu. Karena Engkau adalah sumber kehidupan dan penyembuhan dan kepadaMu aku menaikkan pujian dan kemuliaan, sekarang dan selamanya. 
Amin.

Doa untuk orang sakit I


Bapa Surgawi, tabib bagi jiwa dan tubuh kami, yang telah mengutus Anak-Mu yang Tunggal dan Tuhan kami Yesus Kristus untuk menyembuhkan setiap penyakit dan kelemahan, kunjungi dan sembuhkanlah juga hambaMu ……….. dari semua penyakit jasmani dan rohani melalui kasih karunia Sang Kristus. Berilah ia kesabaran dalam keadaan sakit ini, kekuatan tubuh dan jiwa, serta pemulihan kesehatan. Tuhan, Engkau telah mengajarkan kepada kami melalui Firman-Mu untuk saling mendoakan satu sama lain sehingga kami boleh sembuh. Aku berdoa, sembuhkan hambaMu ………..  dan berikan kepadanya karunia kesehatan yang seutuhnya. Karena Engkaulah sumber kesembuhan dan bagiMulah aku memberikan kemuliaan, Sang Bapa, Sang Putra dan Sang Roh Kudus. 
Amin.

Doa untuk orang sakit II


Ya Tuhan Allah kami, yang hanya dengan satu kata saja menyembuhkan semua penyakit, yang menyembuhkan ibu mertua  Petrus, Engkau yang menghukum dengan belas kasihan dan menyembuhkan sesuai dengan kebaikanMu;  yang mampu menyingkirkan setiap penyakit dan kelemahan, biarlah Engkau sendiri, Tuhan yang sama, memberi pertolongan  bagi hambaMu …..…  dan menyembuhkannya dari setiap penyakit yang ia derita, dan turunkan kepadanya rahmatMu yang besar, dan jikalau sudah menjadi kehendakMu, berikanlah kepadanya kesehatan dan pemulihan seutuhnya, karena Engkaulah tabib bagi jiwa dan tubuh kami, dan kepadaMulah kami menaikkan kemuliaan: bagi Sang Bapa, Sang Putera dan Sang Roh Kudus, baik sekarang dan sampai selama-lamanya,. 
Amin.

Doa Saat Menghadapi Kesulitan

Tuhan segala kuasa sertailah kami, karena pada saat-saat kesulitan kami tak memiliki bantuan lain kecuali Engkau. Tuhan segala kuasa, kasihanilah kami.

Doa disaat membutuhkan

Allah Yang Mahakuasa, Bapa yang berbelas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, bantulah aku dan selamatkanlah aku dari kesulitan yang menerpaku ini. Aku percaya Tuhan, bahwa semua cobaan hidup ada di bawah kendaliMu dan bahwa segala sesuatu bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihiMu. Ambil dariku ketakutan, kecemasan dan kesusahan. Bantulah aku untuk menghadapi dan bertahan dalam kesulitan dengan iman, keberanian dan hikmat. Biarlah masa ujian ini membawaku lebih dekat kepadaMu karena Engkaulah batu karangku dan perlindunganku, penghiburan dan pengharapanku, kegembiraan dan sukacitaku. Aku berserah kepada cinta dan kasih sayangMu. Terpujilah namaMu, Sang Bapa, Sang Putera dan Sang Roh Kudus, sekarang dan selamanya.   
Amin.

Doa syukur setelah pemulihan dari sakit

Allah Maha Kuasa serta Bapa surgawi, Engkaulah sumber kehidupan dan kesembuhan. Aku memberkati namaMu yang kudus dan menaikkan bagiMu ucapan syukur karena telah melepaskanku dari sakit dan memberikan kembali kesehatan bagiku. Aku mohon, sediakanlah bagiku rahmat abadiMu, supaya aku boleh menghidupi suatu kehidupan baru dalam ketaatan sejati kepadaMu. Bimbinglah aku untuk melakukan kehendakMu dalam segala hal yang mengabdikan hidupku untuk melayaniMu. Dengan demikian biarlah dengan hidup bagiMu Engkau boleh melayakkanku bagi kerajaanMu, di mana Engkau tinggal dalam kemuliaan bersama dengan PuteraMu dan Roh KudusMu selamanya. 
Amin.

Doa melawan pengaruh Iblis

Allah Yang Mahakuasa, yang melepaskan umatMu dari belenggu musuh, dan melalui PuteraMu mencampakkan Iblis seperti kilat, bebaskanlah aku juga dari setiap pengaruh roh jahat. Perintahkanlah Setan untuk pergi menjauh dariku oleh kuasa Anak-Mu yang tunggal. Selamatkan aku dari khayalan jahat dan kegelapan. Isi aku dengan terang Roh Kudus supaya aku luput dari semua jerat roh-roh yang licik. Berikanlah satu malaikat yang selalu berjalan di depanku dan membawaku ke jalan kebenaran sepanjang hari-hari dalam hidupku, untuk kehormatan NamaMu yang agung, Sang Bapa, Sang Putera dan Sang Roh Kudus, sekarang dan selamanya. 
Amin.

Doa bagi musuh

Tuhan Yesus Kristus, dengan rahmatMu yang besar Engkau berdoa bagi pengampunan mereka yang menyalibkanMu, dan Engkau mengajar kami untuk mengasihi musuh kami dan berdoa bagi mereka yang menganiaya kami. Tuhan, aku berdoa agar Engkau mengampuni mereka yang memperlakukanku dengan tidak adil serta berbicara melawanku, dan bahwa Engkau memberkati serta membimbing mereka sesuai kehendakMu. Angkatlah setiap kepahitan yang mungkin timbul dalam hatiku terhadap mereka. Tuhan, biarlah pengampunan, kebaikan dan kasihMu  diungkapkan dalam diri kami semua, bagi pujian dan kemuliaanMu. 
Amin.

Doa bagi perdamaian

Allah Yang Mahakuasa dan Pencipta, Engkau adalah Bapa dari semua orang di bumi. Aku mohon, bimbinglah segala bangsa serta para pemimpin mereka dalam jalan keadilan dan perdamaian. Lindungilah kami dari kejahatan ketidakadilan, prasangka, eksploitasi, konflik dan perang. Bantulah kami untuk mengesampingkan ketidakpercayaan, kepahitan dan kebencian. Ajarlah kami untuk menghentikan penyimpanan dan penggunaan sarana perang. Bimbinglah kami untuk mendapatkan kedamaian, rasa hormat dan kebebasan. Persatukan kami dalam membuat dan saling berbagi alat-alat perdamaian melawan kebodohan, penyakit, kemiskinan, dan penindasan. Biarlah kami dapat tumbuh dalam keseimbangan dan persahabatan sebagai saudara dan saudari yang diciptakan seturut gambarMu, bagi kemuliaan dan pujianMu. 
Amin.

 Doa sebelum melakukan tugas I

Tuhan Yesus Kristus, Allahku, Engkau telah berkata, "Diluar Aku engkau tak dapat berbuat apa-apa." Dengan iman aku memegang perkataanMu, Tuhan, dan aku memohon kebaikanMu. Bantu aku untuk melaksanakan pekerjaan yang akan kumulai, dan bawalah sampai kepada selesainya. KepadaMulah aku memberikan kemuliaan, Sang Bapa, Sang Putera dan Sang Roh Kudus.  
Amin.


Doa sebelum melakukan tugas II
Allah Yang Mahakuasa, Pertolongan dan Perlindungan kami, yang mengetahui bahwa kami tidak bisa melakukan apa-apa tanpa bimbingan dan bantuanMu; arahkan aku dengan hikmat dan kuasaMu, sehingga aku dapat menyelesaikan tugas ini dan, apapun yang kulakukan sesuai dengan kehendak ilahiMu, sehingga boleh bermanfaat bagiku serta orang lain demi kemuliaan NamaMu yang kudus.  
Amin.

Doa Setelah Setiap Tugas

Terima kasih Tuhan, oleh karena kekuatan dan bimbinganMu dalam pekerjaanku. Engkaulah pemenuhan segala sesuatu yang baik. Isilah juga jiwaku dengan sukacita dan kegembiraan, supaya aku boleh memujiMu selalu. 
Amin.

Doa Sebelum Perjalanan I

Tuhan Yesus Kristus, Allahku, jadilah pendamping, pembimbing dan pelindungku selama perjalananku ini. Jauhkan aku dari segala kemalangan, bahaya dan godaan. Dengan kekuatan ilahiMu berikanlah aku sebuah perjalanan yang damai dan berhasil serta saat tiba yang aman. KepadaMu-lah aku meletakkan harapan dan kepercayaan, dan bagiMu-lah pujian, hormat dan kemuliaan, bersama-sama dengan BapaMu dan Roh KudusMu, sekarang dan selama-lamanya. 
Amin.

Doa Sebelum Perjalanan II


Tuhan Yesus, Engkau bepergian dengan kedua murid setelah kebangkitanMu serta membakar hati mereka dengan kasih karuniaMu. Berjalanlah juga denganku dan gembirakan hatiku dengan kehadiranMu. Aku tahu, Tuhan, bahwa aku seorang peziarah di dunia ini, yang mencari kewarganegaraan di sorga. Selama perjalananku lingkupilah aku dengan para malaikat kudusMu dan buatlah aku aman dari bahaya yang tampak maupun tak nampak. Ijinkan aku melaksanakan rencana-rencanaku dan penuhilah harapanku sesuai dengan kehendakMu. Bantu aku untuk melihat keindahan ciptaan dan untuk memahami keajaiban kebenaranMu dalam segala sesuatu. Karena Engkaulah jalan, kebenaran dan hidup, dan kepadaMulah aku naikkan syukur, pujian dan kemuliaan selama-lamanyanya. 
Amin

Doa Syukur 

Sebagaimana aku bangun dari tidur, aku bersyukur kepadaMu, Ya Sang Tritunggal Suci, oleh karena kebaikanMu yang agung dan panjang sabar, sungguhlah aku tak layak bagiMu, aku yang adalah pemalas dan pendosa ini, tidaklah Engkau binasakan aku didalam kelalimanku, tetapi Engkau menunjukkan kasihMu kepada manusia, dan ketika aku bersujud dalam putus asa, Engkau membangunkanku di waktu jaga pagi dan memuliakan kekuasaanMu. Sekarang terangilah mata hatiku, bukalah mulutku untuk merenungkan sabdaMu dan mengerti perintahMu serta melakukan kehendakMu juga mendaraskan kidungan bagimu didalam hati yang penuh pengakuan akanMu, dan memuji namaMu Yang Mahakudus, Sang Bapa, Sang Putera dan Sang Roh Kudus sekarang dan selalu, serta sepanjang segala abad. 
Amin.

Doa saat fajar.

Ya Tuhan yang Kekal dan Pencipta segala sesuatu,
yang oleh kebaikanMu yang tak terpahami telah memanggilku kedalam kehidupan ini;
yang memberikanku anugerah Baptisan dan Meterai Roh Kudus; yang telah mengisiku dengan hasrat untuk mencariMu,
Allah yang benar, dengarlah doaku.

Aku tak memiliki kehidupan, cahaya, sukacita maupun hikmat;
Tak ada kekuatan selain di dalamMu, ya Allah.
Oleh karena ketidakbenaranku aku tak berani menatap wajahMu.

Namun Engkau berkata kepada para muridMu,
‘Apapun yang engkau minta dalam doamu, asalkan engkau pecaya, engkau akan menerimanya’ dan ‘Apapun yang engkau minta dalam namaKu, Aku akan melakukannya’.
Oleh karenanya aku memberanikan diri untuk memanggil namaMu.
Sucikan aku dari segala noda daging dan roh.
Ajarilah aku berdoa dengan benar.

Berkatilah hari yang telah Engkau berikan kepadaku, hambamu yang tidak layak ini. Dengan kuasa berkatMu mampukan aku untuk selalu berbicara dan bertindak bagi kemuliaanMu dengan suatu roh yang murni, dengan kerendahan hari, kesabaran, kasih, kelemahlembutan, damai, keberanian, dan hikmat:
dengan selalu menyadari kehadiranMu.

Oleh karena kebaikanMu yang begitu besar, Ya Tuhan Allah, tunjukanlah bagiku jalan kehendakMu, 
dan ijinkanlah aku berjalan di hadapanMu dengan tanpa dosa.

Ya Tuhan, yang kepadaMu semua hati terbuka, Engkau mengetahui apapun yang aku perlukan. Engkau tahu kebutaan dan kebodohanku, Engkau mengetahui kelemahan dan kerusakan jiwaku; dan tidak juga rasa sakit dan penderitaanku tersembunyi dariMu.
Oleh karenanya aku mohon, dengarlah doaku, dan melalui Roh KudusMu ajarlah kepadaku jalan yang harus kutempuh.;
Dan saat kehendakku yang menyimpang akan membawaku ke jalan yang lain, janganlah biarkan aku, ya Tuhan, namun paksalah aku kembali kepadaMu.
Melalui kuasa kasihMu, ijinkanlah aku berpegang teguh kepada apa yang baik.
Lindungilah aku dari setiap kata ataupun tindakan yang merusak jiwa; dari setiap dorongan yang tidak menyenangkan dalam pemandanganMu dan yang melukai sesamaku manusia.
Ajarlah kepadaku apa yang harus kukatakan dan bagaimana aku harus mengatakannya. 
Jika sudah menjadi kehendakMu bahwa aku tidak menjawab, buatlah aku tetap diam dalam suatu roh yang damai yang tidak menyebabkan penderitaan maupun luka bagi sesamaku.
Buatlah dalamku jalan bagi segala titahMu
dan sampai pada nafas terakhirku jangan biarkan aku menyimpang dari terang perintahMu,
sehingga titahMu menjadi satu-satunya hukum bagi keberadaanku di bumi ini dan dalam segala kekekalan.

Ya Tuhan, aku memohon kepadaMu, kasihanilah aku.
Kasihanilah aku dalam penderitaan dan kesusahanku
dan janganlah sembunyikan jalan keselamatan dariku.

Dalam kebodohanku, ya Allah, aku memohon kepadaMu untuk hal-hal yang banyak dan besar.
Namun tidaklah aku ingat akan kejahatan, kesalahan dan kenajisanku.
Kasihanilah aku.
Janganlah Engkau buang aku dari hadiratMu oleh karena aku memberanikan diriku ini datang kepadaMu.
Namun tambahkanlah keberanianku ini,
dan ijinkanlah aku, yang paling berdosa diantara manusia ini,
untuk mengasihimu, seperti yang engkau perintahkan,
dengan segenap hatiku dan segenap jiwaku,
dan dengan seluruh pikiranku, dan seluruh kekuatanku:
dengan seluruh keberadaanku.

Ya Tuhan, dengan Roh KudusMu, ajarilah aku penilaian dan pengetahuan yang baik. 
Ijinkan aku mengetahui kebenaranMu sebelum aku turun kedalam kuburku. 
Ijinkan aku hidup di dunia ini sampai aku boleh mempersembahkan bagiMu pertobatan yang layak.
Janganlah ambil aku di tengah hari-hariku,
maupun saat pikiranku masih buta.
Saat Engkau berkehendak mengambil hidupku,
peringatkanlah aku sehingga aku boleh mempersiapkan jiwaku untuk datang kepadaMu.
Tetaplah bersamaku, ya Tuhan, pada saat yang menakutkan itu,
dan berikanlah kepadaku sukacita keselamatan.
Bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahan tersembunyi,
dari segala kejahatan yang terpendam dalamku;
dan berikanlah kepadaku jawaban yang benar dihadapan tahta pengadilanMu.

Ya Tuhan, oleh karena belas kasihanMu yang besar dan kasih tak terukur kepada manusia,
dengarlah doaku.

Amin.


Doa kepada Tuhan Yesus Kristus

Ya Yesus yang lemah lembut, termanis serta rendah hati, dengarkanlah aku.
Ya Yesus lepaskanlah aku, dari hasrat keinginan untuk ditinggikan
Ya Yesus lepaskanlah aku, dari hasrat keinginan untuk dicintai
Ya Yesus lepaskanlah aku, dari hasrat keinginan untuk diagungkan
Ya Yesus lepaskanlah aku, dari hasrat keinginan untuk dihormati.
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari hasrat keinginan untuk dipuji.
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari hasrat keinginan untuk dipilih
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari hasrat keinginan untuk didahulukan
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari hasrat keinginan untuk dimintai nasihat.
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari rasa takut ditegur oleh orang lain.
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari rasa takut dilupakan oleh orang lain
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari rasa takut diolok-olok oleh orang lain
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari rasa takut disalahkan oleh orang lain
Ya Yesus, lepaskanlah aku, dari rasa takut dicurigai oleh orang lain
Ya Yesus,  anugerahkanlah padaku rahmat keinginan agar orang lain didahulukan sebelum diriku.
Ya Yesus,  anugerahkanlah padaku rahmat keinginan agar orang lain boleh bertambah dan aku semakin berkurang.
Ya Yesus,  anugerahkanlah padaku rahmat keinginan agar orang lain boleh dipilih dan aku tidak.
Ya Yesus,  anugerahkanlah padaku rahmat keinginan agar orang lain boleh dipuji dan aku dibiarkan
Ya Yesus,  anugerahkanlah padaku rahmat keinginan agar orang lain boleh lebih diajukan daripada aku
Ya Yesus,  angerahkanlah padaku rahmat keinginan agar orang lain boleh menjadi lebih suci dan aku menjadi suci sebagaimana kehendakMu.
Amin.
 
 

0 Komentar: