Ads 468x60px

Sabtu, 22 Juni 2013

Membuat Diagram UML Tanpa Install Software Microsoft Visio

Mungkin anda semua sudah mengenai tentang kehebatan Misrosoft Visio ?, Ya Pada awalnya visio diciptakan oleh pengembang software bernama Shapeware Corporation pada tahun 1992, dan kemudian pada tahun 2002 dibeli oleh microsoft sebagai pelengkap software pada Microsoft Office. Software ini bermanfaat sekali untuk membuat diagram-diagram untuk perancangan sistem maupun perancangan lainnya yang membutuhkan diagram sebagai kerangka dalam pembuatanya.

Saya sebagai mahasiswa yang memasuki jurusan Manajemen Informatika, sangat membutuhkan software ini sebagai tools untuk merancang diagram yang berhubungan dengan Sistem Informasi. Ketika saya memasuki akhir perkuliahan saya masih terasa janggal dengan suatu project-project akhir semester untuk membuat diagram dengan software ini, kenapa harus standarisasi format diagram ini diharuskan dengan format VSD, yaitu format dari Microsoft Visio tersebut.  Jawabannya mungkin dalam dunia perancangan Sistem Informasi sangat penting membuat diagram suatu perancangan, dan itu hanya dilihat dari bagaimana sistem itu kita rancang dengan diagram yang familiar untuk analisis sistem, yaitu diagram UML. Dan itu harus dengan format yang 
pastinya dengan format Microsoft Visio ini.

Karena hal ini saya mencari alternatif lain selain Microsoft Visio. Setelah saya mencari dengan bantuan google, saya akhirnya menemukan software yang sangat bermanfaat untuk membuat diagram-diagram dalam perancangan Sistem Informasi. Software ini dirancang dengan Web Based, dimana produk ini dibuat agar dapat digunakan hanya dengan browser, sungguh inovasi perkembangan teknologi Internet dan Web Based, yaitu UML Factory UML 9.9 . Aplikasi ini bermanfaat sekali dalam perancangan diagram UML. Selain itu, ini adalah aplikasi/service gratis yang memungkinkan pengguna untuk membuat suatu diagram UML tanpa menggunakan Microsoft Visio.

Sebenarnya masih banyak aplikasi lain untuk membuat diagram UML selain semua aplikasi yang saya sebutkan di atas. Tapi, saya merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi di atas untuk membuat diagram UML selain karena produk ini gratis tanpa biaya, tidak seperti Microsoft Visio yang harus membayar license Microsoft untuk dapat memakai Microsoft Visio secara legal.

0 Komentar: