Ads 468x60px

Jumat, 26 April 2013

Tutorial Membuat Aplikasi StopWatch Pada Visual Studio 2010

Tutorial Membuat Aplikasi StopWatch Pada Visual Studio 2010

Kali ini saya akan membaut tutorial sederhana, yaitu Aplikasi StopWatch Menggunakan Visual Studio 2010.
Mohon maaf ya, gambar tutorialnya belum di upload, tapi untuk tutorial lengkapnya bisa didownload melalui link yang dibawah:


1.      1Buka Visual Studio 2010, New Project è Beri Nama Login è OK
2.      2. Ubah Properti pada Form1 seperti gambar dibawah ini.

3.      3. Kemudian tambahkan 3 tombol Button, 1 label:
Button1 è Start, Properti è Text (Start), Name (btnStart)
Button2 è Stop , Propertiè Text (Stop), Name (btnStop)
Button3 è Reset , PropertièText (Reset), Name (btnReset)
Label1 è  Properti è Text(Kosongkan), Name lblTime)

4.      4. Tambahkan “Timer1” dari Toolbox


5.      5Ketika program ini dibawah:
Public Class StopWatch
Inherits System.Windows.Forms.Form
    Dim Mili, Sec, Min, hr As Integer
    Dim Countr As Integer
End Class

6.      6Double Klik Form “StopWatch”, ketika progam Berikut:
Private Sub StopWatch_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Mili = 0
        Sec = 0
        Min = 0
        hr = 0
    End Sub

7.      7. Program “Start”
Double Klik “Start”, selanjutnya ketikan program berikut:

Private Sub btnStart_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnStart.Click
         Timer1.Enabled = True
    End Sub

8.      8. Program “Stop”
Double Klik “Stop”, ketikan program ini:

 Private Sub btnStop_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnStop.Click
        Timer1.Enabled = False
    End Sub

9.      9. Program “Reset”
Double Klik “Reset”, ketikan program ini:

Private Sub btnReset_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnReset.Click
        Dim mYes_No As String = MsgBox("Kamu Ingin Reset The Timer ?", vbYesNo)
        If mYes_No = vbYes Then
            Mili = 0
            Sec = 0
            Min = 0
            hr = 0
            lblTime.Text = ""
            Timer1.Enabled = False
        End If
    End Sub

1   10.Double Klik “Timer1” Ketikan Program berikut :


    Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        Dim Mili2, Sec2, Min2, hr2 As String
        Countr = Countr + 1
        Mili2 = Countr

        If Countr = 10 Then
            Sec = Sec + 1
            Countr = 0
        End If
        If Sec = 60 Then
            Min = Min + 1
            Sec = 0
        End If
        If Min = 60 Then
            hr = hr + 1
            Min = 0
        End If
        Sec2 = Format(Val(Sec), "00")
        Min2 = Format(Val(Min), "00")
        hr2 = Format(Val(hr), "00")
        lblTime.Text = hr2 & ":" & Min2 & ":" & Sec2 & ":" & Mili2
    End Sub

1   11. Akhirnya Program ini selesai juga, “RUN”
1   12.  Setelah di Run, Maka hasilnya awalnya seperti ini: 
1   13.   Tutorial Stop Watch Selesai.
         
 Download:

Artikel Lain :

Semoga Bermanfaat! Mohon Di Like FanPage-nya Ya! Thanks.

0 Komentar: